Sabtu, 21 Maret 2009

Peluang

Peluang akan berlipat ganda saat mereka diraih. Begitu kata Sun Tzu, tokoh ternama Cina abad 6 SM mengatakan. Atau, mungkin petuah bijak peninggalan jenderal ternama di dalam buku sejarah bangsa Cina.
Peluang, kata inilah yang seharusnya menjadi perhatian Pemkot Blitar, di tengah semakin mendesaknya batas waktu untuk mewujudkan visi dan misinya, baik di dalam Renstrada maupun RPJMD II Kota Blitar.
Banyak capaian yang sebenarnya telah melebihi target di dalam dua dokumen perencanaan daerah tersebut. Tetapi, janganlah ini dianggap sebagai sesuatu yang dapat dikatakan sebagai garis finish pembangunan daerah.
Ada baiknya capaian dan keberhasilan tersebut dianggap sebagai peluang. Peluang untuk lebih meningkatkan kualitas, dan juga kuantitas capaian. Atau, jika hanya sebatas berpikir buruk, jadikan ini sebagai peluang untuk menutupi dan menambal sulam sejumlah kekurangan yang ada.
Namun, akan lebih baik, jika peluang ini juga digunakan untuk lebih melecut diri, agar kekurangan yang ada; atau semua hal yang harus disempurnakan, menjadi lebih diminimalisasi hingga ke titik yang paling rendah. Ke titik nol.
Terlebih, waktu yang tersisa, walaupun hanya sedikit masih memungkinkan untuk berbuat itu. Satu tahun lebih, apapun dapat terjadi. Sebab, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di sisa waktu yang ada.
Tetapi, janganlah ini dianggap sebagai sesuatu yang ringan, demikian pula dengan sesuatu yang berat. Pembangunan Kota Blitar dapat dikatakan sudah running well. Tidak terlalu meleset dari perencanaannya.
Sekarang, tinggal bagaimana kita semua memandang peluang itu. Mau dimanfaatkan atau tidak, semua itu bergantung kepada Anda, wahai para pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan di Kota Blitar.
Ingat, waktu terus berjalan, tidak akan pernah berhenti hingga sang waktu sendiri yang sudah lelah untuk berjalan dan berhenti pada waktunya nanti. Gunakanlah satu tahun lebih ini sebagai peluang untuk berbuat yang lebih baik lagi, demi daerah; demi nusa; demi bangsa; dan demi NKRI. Bisa, kan? Yakinlah kita semua bisa!

Tidak ada komentar: